PERTAMINA ENERGY HACKATHON

Nama Tim : Black Phanter

Jumlah Peserta : 3 orang

1. Problem Apa yang ingin diselesaikan?

           Belum optimalnya profit yang dihasilkan dari bisnis ritel Pertamina

Dalam persaingan bisnis ritel yang ketat di tahun 2018 dan ke depan, Pertamina Retail harus memiliki startegi yang tepat untuk mengoptimalkan profit baik dari lini penjualan BBM, Pelumas, Gas, dan produk ritel lainnya maupun utilisasi aset ritel itu sendiri. Berdasarkan riset yang dilakukan tahun 2013 (“Evaluasi Strategi Bisnis PT. Pertamina Retail”, Rudang Mayang Pinem , FEB-UGM, 2013) didukung dengan observasi pada sejumlah titik SPBU (baik COCO, CODO, DODO) di Jakarta sampai dengan saat ini, masih terlihat kurangnya utilisasi pada aset Pertamina Retail, yaitu area SPBU itu sendiri. Tim Black Panther ingin menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara melakukan optimasi layanan advertising berbasis aplikasi mobile. Selain menyasar utilisasi aset SPBU, tim kami juga menyasar peningkatan penjualan produk lainnya (LPG, Pelumas) dengan mekanisme bundling dan voucher gimmick.

2. Deskripsi Detail dan Lengkap dari Aplikasi

Tingginya minat investor dan pengelola usaha ritel di Indonesia untuk berinvestasi dan bekerja sama dengan Pertamina Retail mendorong SPBU untuk berinovasi menciptakan sistem yang lebih mudah, cepat, dan otomatis yang turut membantu menaikkan profit baik Fuel Retail (FR) dan Non-Fuel Retail (NFR). Aplikasi PAS hadir untuk membantu mewujudkan visi tersebut. PAS memiliki antarmuka yang dapat diakses oleh calon advertiser yang hendak beriklan dan mencari ideal business spaces (ATM, Food & Beverage Stalls, Restaurants, etc) di area SPBU. Aplikasi PAS memiliki engine dan machine learning untuk membantu advertiser memilih lokasi SPBU dan spot mana yang sesuai dan menguntungkan. Input berupa data lokasi, jumlah viewer, kelas viewer (menengah ke atas, menengah ke bawah), Ad expiry date. Outputnya berupa spot dan jenis advertisement (Digital & Non Digital) dan harga dari spot tersebut untuk jangka waktu tertentu. Otorisasi diberikan kepada Client, SPBU Manager, dan RFM MOR. Pengajuan order oleh Client dapat dilakukan secara otomatis dan termonitor termasuk verifikasi Manager SPBU dan ijin prinsip dari RFM MOR melalui digital signing (paperless). Diharapkan melalui verifikasi bertahap dan otomatis melalui HP, dapat memangkas waktu approval order yang semula 1 minggu menjadi hanya 1 hari. Untuk setiap order, pengguna akan mendapatkan instant e-voucher untuk pembelian produk ritel Pertamina (Pelumas, Bright Gas, Bright Store). Selain itu, PAS menawarkan improvement model digital advertisement yang lebih praktis dan canggih seperti mini TV, LED Board, Building Wrap yang dapat diletakkan di ideal spot di SPBU. Pengembangan lanjut dari PAS menyasar pada integrasi dengan sistem pajak reklame online dari PEMDA DKI Jakarta (Pilot).

3.  Apa Nama Aplikasi yang ingin Anda buat?

Pertamina Ads Station (PAS)

4.  Link ke Mockup/Desain aplikasi Tim Anda     

 

Mockup Aplikasi Pertamina Ads Station (PAS)

Catatan :

Bisa mengaktifkan Desktop Site pada browser untuk menampilkan mockup keseluruhan (model menggunakan dimensi handphone Android Samsung 8)

More about the team