Sebenarnya Harvard Business Review (HBR) pada tahun 2012 telah merilis sebuah artikel sensasional tentang Data Science Job. Tak tanggung-tanggung judulnya sungguh compelling, Pekerjaan Terseksi Di Abad 21. Dan ternyata ini juga dikutip di laman pendaftaran jurusan master of data science di Monash University. HBR telah berjasa mengantarkan ribuan mahasiswa baru ke universitas terbesar di Australia tersebut sejak 2016, dan universitas lainnya, tidak hanya di Australia juga berlomba-lomba menawarkan jurusan baru bertajuk Master of Data Science. Di Monash sendiri, jurusan ini berada di bawah fakultas Information of Technology, namun di universitas lain bisa jadi masih fakultas Computer Science atau Mathematics.

Lalu, apa sebenarnya Data Science itu?

Menurut saya, Data Science adalah perkawinan dari ilmu komputer, matematika, statistika, dan bisnis. Di mana coding merupakan kewajiban dan makanan sehari-hari. Kita akan diajari beberapa bahasa pemrograman baru semisal Python, R, Scala, dan Linux Scripting.

# Bersambung

Data Science, Apakah Itu?
Sebenarnya Harvard Business Review (HBR) pada tahun 2012 telah merilis sebuah artikel sensasional tentang Data Science Job. Tak tanggung-tanggung judulnya
Read more.

Data Science, Apakah Itu?
Tagged on:                             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *