Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pembaca budiman budiwati.

Hari ini hari ke-2 Tantangan 30 Hari Menulis Blog dari Blogger Perempuan Network.

Tema kali ini adalah “Tema Blog yang Disukai”.

Di sini saya menerjemahkannya sebagai topik bahasan atau konten dari blog itu sendiri.

Setidaknya ada 5 topik yang paling saya sukai:

  1. Tsaqafah Islamiyyah

Nah, ini paling penting menurut saya. Tsaqafah bisa diartikan sebagai pengetahuan menyeluruh tentang agama Islam, termasuk erat kaitannya dengan aqidah dan perwujudan dari aqidah ke dalam kehidupan.

Semenjak saya berkenalan dengan ROHIS fakultas MIPA UNDIP dan bergaul dengan kakak yang merupakan aktivis gerakan dakwah, sedikit demi sedikit tsaqafah Islamiyyah saya bertambah. Semakin hari semakin tertarik untuk mempelajari tentang Islam lebih dalam. Harapan saya, apa-apa yang saya kerjakan di dunia ini mendapat ridha di sisi Allah, menaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Kunci masuk syurga selain dengan kalimat tauhid juga menjalankan amal sholeh dengan ilmu yang benar. Cara mengetahui mana saja yang benar, tidak ada jalan lain selain mengaji dan mengkaji. Di era Internet of Things ini, blog bisa berfungsi sebagai pengantar ilmu, selanjutnya sebaiknya tatap muka dengan ustadz dan ustadzah saja yah agar semakin mantap dan tidak salah arah.

  1. Teknologi

Sebagai lulusan jurusan sains dan teknologi, adalah kewajiban moral bagi saya untuk terus menambah pengetahuan di bidang ini, terutama di bidang yang saya geluti yakni teknologi informasi. Saya suka coding sejak diajari di kampus oleh para tutor dan diberikan contoh best practice oleh mentor. Sejak saat itu saya tertarik di dunia application development. Pernah juga belajar tentang Plant Maintenance – SAP dan System Integration di Perusahaan. Selengkapnya bisa disimak di bagian ini.

Kakak pernah mengingatkan, ilmu yang kita pelajari, bila sampai terlupa maka kita bisa berdosa dan tergolong sebagai orang yang merugi. Jika wajib ingat 100% dan mempraktikkan sepanjang hayat maka hanya poin 1 yang wajib terus menerus dipelajari. Nah, bagaimana dengan ilmu dunia? Sama saja sebenarnya. Maka saya berusaha memelihara skill coding saya dengan mengambil jurusan teknis di Master of Data Science di Monash University. Di jurusan ini akan diajari setidaknya 4 bahasa pemrograman baru yakni Linux scripting, Python, R, dan Scala. Sebelumnya, PASCAL, C, PHP, .NET C#, JavaScript sudah berhasil saya pelajari. Semoga ke depannya berhasil pula mempelajari bahasa tersebut dan mengaplikasikannya ke dalam dunia nyata hehehehe, dan semoga Allah ridha. Agar Allah ridha, lagi-lagi saya niatkan mempelajari ilmu tersebut untuk memberikan manfaat bagi sesama. Lalu, bagaimana jika ke depannya semua berubah, tak sama dengan kondisi sekarang? Misalnya anak makin bertambah, usia bertambah dan kemampuan teknis menurun? Ya Allah saya hanya bisa berdoa agar Allah memampukan saya untuk terus mengingatnya, dan mengajarkannya pada teman-teman, anak-anak, dan siapapun yang mau belajar ilmu tersebut.

Untuk contoh blog yang layak diikuti semisal romisatriawahono.net, ilmukomputer.com, rischan.wordpress.com.

 

  1. Pengalaman Hidup

Ini biasanya menjadi terapi saat sedang down. Ingin mencari tau apakah ada yang mengalami hal yang sama dengan kita di belahan bumi yang lain. Bukan tidak mungkin, kita bisa menemukan tulisan yang sama persis dengan yang kita alami. Bagaimana bisa? Hanya Allah yang tahu. Contoh blognya ada banyak dan random hehehe. Tapi satu yang menarik dan berkesan adalah blognya Muhammad Assad. Alhamdulillah sudah pernah ketemu secara langsung di 2 event yakni Workshop Kepenulisan Penulis Pertamina 2016 dan Pertamina Energy Forum 2017 hehehe. Fotonya ada di instagram yah hehehe.

 

  1. Parenting

Kalau ini, mulai tertarik sejak memiliki anak. Parenting yang saya pelajari sebisa mungkin yang bersumber dari ajaran Rasulullah SAW agar kualitas generasi yang dihasilkan juga sesuai tuntunan Nabi. Di era saat ini, banyak ilmu mengenai parenting. Janganlah bingung wahai bunda, yuk ikuti saja Parenting Nabawiyah. Untuk ini saya pernah mengikuti workshop parenting nabawiyah oleh Ust. Budi Ashari Lc. Ada juga blog lainnya, bisa cek di therealummi.

  1. Study & Scholarship

Dari dulu, saya bercita-cita untuk dapat bersekolah setinggi-tingginya. Saya terinpirasi dengan kerabat yang berhasil bersekolah hingga S3 di luar negeri. Beliau pernah menjabat sebagai pimpinan tinggi di sebuah Universitas di Jogja. Setiap lebaran beliau bersilaturahmi ke rumah Bapak dan saya selalu antusias menyimak obrolan beliau terutama tentang kehidupan studi di luar negeri. Dalam hati saya berdoa, ya Allah mampukan saya untuk mengikuti jejak beliau. Alhamdulillah cita-cita tersebut terwujud pada tahun 2018 ini. Allah menjawab doa saya, orang tua, teman, dan saudara untuk melanjutkan studi ke negeri Kangguru dengan beasiswa. Dari jaman kuliah saya memang sudah menjadi scholarship hunter. Sejak S1 memperoleh beasiswa TPSDP dan Beasiswa Unggulan. Pada semester 2 dan 3 mendaftar beasiswa IELSP (The Indonesia English Language Study Program), masuk hingga tahap wawancara namun belum berhasil. Sempat mengikuti seleksi beasiswa King Abdullah University of Technology pada tahun 2009 dengan rekomendasi rektor UNDIP namun belum berhasil. Pernah mencoba juga beasiswa Australian Development Scholarship (sekarang Australia Award Scholarship) tahun 2010 dan belum berhasil.

Untuk yang terakhir adalah beasiswa LPDP. Melalui tulisan ini saya juga hendak menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia, melalui LPDP saya bisa mewujudkan mimpi untuk studi di Australia. Saya juga harus berterima kasih kepada Kiky Edward atas blognya yang luar biasa membahas Beasiswa LPDP angkatan awal secara lengkap, jujur, dan tulus.

Demikianlah, beberapa topik blog yang saya sukai.

Semoga bermanfaat ya teman-teman.

 

Sungguh, kebenaran itu datangnya dari Allah SWT, dan kesalahan pasti dari saya. Semoga Allah ridha.

 

 

5 Topik Blog Favorit Versi Anita
Tagged on:                                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *