Sebenarnya alasan dari mengapa menulis blog sudah sedikit disinggung di bagian About hehe..tapi tidak ada salahnya kan jika dijembrengkan lebih lengkap di halaman khusus.

Kebetulan lagi ikutan tantangan 30 hari nge-blog dari Blogger Perempuan Network nih..

Mudah-mudahan bisa diambil manfaatnya yah.

Sebelumnya mau cerita dulu tentang pertama kali nulis blog boleh tidak ya? Hehehehe..

 

Saya mulai menulis di blog pada tahun 2008 sebenarnya. Pada saat masih kuliah di jurusan Ilmu Komputer (ilkom) Universitas Diponegoro (Undip) semester 3. Kebetulan BEM KM Undip mengadakan workshop membuat blog dan kami mahasiswa ilkom diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Saat itu dunia blog masih sedikit yang menggeluti. Saya pun ikut-ikutan membuat blog dengan platform wordpress yang waktu itu diperkenalkan juga pertama kali oleh narasumbernya. Dari hasil workshop ini, beberapa teman kuliah juga bersamaan membuat blog, termasuk mantan pacar saya yang akhirnya menjadi bapak dari anak saya hehehehe.

Untuk saya sendiri, tak terhitung jumlah blog yang sudah saya buat dari awal sampai sekarang. Kontennya juga berbeda-beda.

Kalau ditengok lagi ke blog jaman mahasiswa, isinya lucu-lucu lho, polos, apa adanya tanpa dipoles.

Hal itu karena, terkadang, di tengah gejolak masa muda yang sedang mencari jatidiri, blognya juga ikutan berubah baik dari segi desain maupun konten. Daripada merusak style blog yang sekarang, ya sudah bikin baru saja, toh tidak bayar hahahaha.

Nah jadi setelah akhirnya settled, 14 tahun kemudian.. (Wow ternyata sudah lama sekali ya..ckckckck.. ) dan sudah bisa mencari uang sendiri, akhirnya saya pun mantap mendaftar domain komersial untuk blog saya. Lahirlah anitarohmawati.com yang merupakan nama lengkap saya sendiri hehehe. Sebagian rekan tetap setia dengan domain tak berbayar dengan pertimbangan bakal lebih long lasting selama platform providernya ‚Äúmasih hidup‚ÄĚ hehehe. Pilihan yang baik dan tidak salah kok hehehe.

Konsep dari blog yang terakhir ini, selain mendokumentasikan pengalaman hidup tentunya juga berbagi informasi yang berfaedah tanpa membatasi bidang yang saya geluti.

Saya percaya dengan berbagi kebaikan, kebaikan itu akan kembali kepada kita nantinya. Sekiranya postingan kita bermanfaat bagi orang lain, menginspirasi orang lain, maka pahala akan mengalir atas kebaikan tersebut. Maka saya niatkan setiap postingan saya sebagai amal jariyah insyaAllah.

Ohya kembali ke alasan menulis blog. Yah saya memang suka menulis. Sejak ibu membelikan buku diary waktu kelas 5 SD, sejak itu saya jadi suka menulis diary. Isinya betul-betul pengalaman harian saya semasa kecil. Kalau dibaca sekarang, lagi-lagi saya bakal ngakak sekaligus terharu. Saya masih ingat bagian ketika jadwal piket membersihkan rumah yaitu nyapu dan nyulak-nyulak (membersihkan rumah menggunakan kemoceng). Karena masih ngantuk baru bangun tidur, jadinya kemocengnya malah dipake buat nyapu sambil duduk hahahahaha…entah di mana sekarang diary jaman SD saya itu. Nah, kan jadi bernostalgia.

Balik lagi ke alasan menulis blog yah..

Bagi saya, menulis itu ibarat memindahkan jutaan kata yang menari-nari di kepala. Menuangan percakapan batin di dada, dan berharap melaluinya bisa tercipta kebaikan yang nyata untuk sesama.

Sesimple itu memang hehehe.

Konon, menulis juga bisa menjadi terapi bagi jiwa-jiwa yang dilanda over-anxiety macam pemuda-pemudi yang pernah merasakan pengalaman ekstrim entah buruk atau baik menurut persepsinya, yang mengubah hidupnya.

Mungkin hanya ada sedikit sekali porsi di blog ini untuk memenuhi tujuan tersebut di usia yang sekarang. Tetapi, tetaplah tidak mengapa jika digunakan untuk tujuan tersebut.

Menulislah, jika itu bisa meringankan beban pikiran dan menyempurnakan ekspresi emosimu.

Menulislah agar tetap terjaga kewarasanmu. Menulislah jika itu membuatmu tetap produktif. Namun, ingatlah dalam mengadukan segala problema hidup kita, alamatkan saja kepada Sang Pencipta. Dialah yang maha membolak-balikkan hati, maha berkehendak, maha menentukan, maha kuasa, maha pemberi solusi.

Jadi, blog ini tidak untuk curhat pribadi yah..hanya sharing pengalaman hidup yang berharga.

Dan, jika harus menulis, sebisa mungkin saya tuliskan hal-hal yang berfaedah saja. Karena setiap perbuatan kita termasuk tulisan nantinya akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan. Mudah-mudahan Allah SWT ridha.

Dan jangan lupa, masih banyak kewajiban yang harus diselesaikan. Semoga saya bisa menulis secara profesional dan menjalankan segala kewajiban rumah, kantor, dan kuliah dengan baik. Aamiinn.

 

Sungguh, kebenaran itu datangnya dari Allah, kesalahan pasti dari saya. Jika ada konten tentang agama, itu karena saya masih belajar tentang Islam dan itu bagian dari ekspresi cinta saya terhadap agama nan mulia ini.

 

Begitulah teman-teman, saudara-saudara, rekan-rekan pembaca yang budiman-budiwati hehehe. Dukung terus saya menghasilkan tulisan yang berfaedah ya..

Kalau mau tanya-tanya boleh lho di kolom komentar..

When-when sepertinya saya juga akan melaunching vlog tentang kehidupan di Australia hehehe.

 

Ps:

Saya ikutan challenge ini karena sudah masuk Liburan Summer lho…mohon doanya yah agar nilai-nilai semester 1 saya mendapat hasil terbaik. Aamiinn.

 

 

Kenapa Menulis Blog?
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *