Sebagai wanita, pastinya harus selalu menjaga kebersihan badan, khususnya bagi yang sudah menikah, harus selalu tampil prima untuk suami.. 🙂

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh kita adalah dengan melakukan perawatan kulit secara teratur. Sebagai wanita karir, saya ingin senantiasa merasa segar sepanjang hari di kantor, dan juga wangi ketika di rumah. Penggunaan parfum sebagai muslimah tentunya dibatasi ya..yakni, tidak boleh menyengat dan tidak dimaksudkan untuk menarik perhatian laki-laki..

Karena ada hadits yang berbunyi seperti ini:

Dari Abu Musa Al Asy’ary bahwanya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ

Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’ no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Hmm..terdengar menakutkan ya..

Itulah sebetulnya, salah satu bentuk penjagaan Islam untuk memuliakan wanita. Hadits di atas sangat membatasi penggunaan wewangian bagi wanita. Sebagian ulama membolehkan wanita menggunakan deodoran dan body lotion yang baunya samar (tidak berlebihan) sebatas untuk tidak menyakiti penciuman orang lain saat kita tengah berinteraksi.

Bagaimana cara mengetahui bahwa pengharum tubuh kita ini memiliki aroma yang lebay atau tidak?

Bisa dengan perhatikan jenis dan komposisinya. Ada beberapa jenis wewangian tubuh yang kita kenal yakni Eau De Perfume (EDP), Eau de Toilette (EDT), Cologne, dan Body Mist. Kesemuanya mostly mengandung sekian persen essential oil sebagai sumber aromanya, dan menggunakan alkohol sebagai bahan pelekat aroma lebih lama.

Seperti kita tahu, alkohol dalam Islam sebagai bahan kosmetik hukumnya haram ya Gaes…

So, mau EDP, EDT, Cologne or Body Mist, jikalau mengandung alkohol, maka kita tidak diperkenankan untuk menggunakannya.

Trus, ada ga sih alternatif lain untuk melawan konspirasi jahat dari kuman nakal dan keringat tubuh kita yang eksesif?

Hmmm….ada dunk..kalau saya sih, menggunakan body butter ya..sejenis body lotion dengan tekstur yang lebih lembut dan tidak berat untuk ke luar rumah, dan untuk di dalem rumah cukup mandi pake soft body scrub.

Dan untuk ini saya mempunyai 2 produk andalan yang sudah saya pakai selama 3 bulan dan mau saya bagi reviewnya di sini:

1. Wardah Body Butter varian Strawberry

Kemasannya berbentuk toples kecil berdiameter 12 cm yang cantik. Teksturnya lembut hampir seperti body lotion, tapi menurut  saya sih lebih mirip margarin dapur hehehe..yang saya suka adalah aroma stroberi yang segar, yang kalo ketemu keringat, ga bikin kita awkward saat berkumpul dengan yang lain.

wardah body butter

2. Wardah Soft Body Scrub varian Strawberry

Ini saya benar-benar jatuh cinta akan tekstur dan wanginya. Dari beberapa body scrub alias lulur yang saya coba, Wardah ini juaranya kalau menurut saya. Butiran scrubnya besar-beasr tapi tidak melukai kulit, terus tidak lengket, dan cepat kering. Hasil pemakaian kulit terasa segar, wangi, bersih, dan tidak licin.

wardah soft body scrub

Soal harga, keduanya sangat terjangkau untuk saya. Silahkan meluncur ke online shop kesayangan atau di supermarket terdekat, harganya under 50.000 semuanya kok.

Itulah review saya tentang 2 produk perawatan kulit saya. Further info bisa cek di sini.

Produk Perawatan Tubuh Andalanku
Tagged on:                         

One thought on “Produk Perawatan Tubuh Andalanku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *