Hafiz Doll

Sebagai orang tua, tentu kita menghendaki memiliki dzuriyat yang shalih. Keturunan yang baik tidak serta merta tercipta tanpa didikan yang baik dari keluarganya. Pendidikan pertama dan utama bagi anak adalah dari ibunya. Yah, seorang ibu adalah pembentuk peradaban bagi generasi masa depan.

Sebagai ibu saya harus dapat menjalankan peran mendidik anak seperti yang dituntunkan oleh Al-qur’an. Berbagai upaya saya lakukan demi mendidik anak. Mengikuti workshop parenting nabawiyah bersama Ust. Budi Ashari, Lc adalah salah satunya. Membaca buku-buku parenting sejak masa belum hamil juga sudah. Sampai sekarang terus mencari cara bagaimana agar anak saya merasakan sentuhan kasih sayang saya meskipun saya tidak 24 jam membersamainya setiap hari.

Di usia Keenan yang menginjak 14 bulan beberapa hari yang lalu, akhirnya saya memutuskan untuk menghadiahkan dia dan diri saya sendiri sebuah boneka lucu Hafiz Doll. Sesuai namanya, boneka ini diperuntukkan untuk membiasakan si Kecil untuk cinta Al’Quran.

Berbagai fitur dibenamkan seperi murottal, cerita moral/dongeng, lagu-lagu islami, kosakata 3 bahasa (Indonesia, Inggris, Arab), cerita berima, fun fact, dan lain sebagainya. Selain itu, kita juga bisa menambahkan lagu-lagu atau murottal sendiri menggunakan kabel data USB yang dicolokkan dari komputer, mengajak ngobrol si Hafiz dengan suara yang sudah diprogram, dan juga merekam suara kita dan mendengarkannya kembali.

Material dari Hafiz Doll sangat kuat sehingga tidak mudah pecah. Bentuknya sangat handy dan ukurannya sesuai untuk anak-anak. Kalau jaman saya kecil, mungkin akan menyebutnya “Golek Kencono” seperti yang pernah didongengkan ibu saya.

Golek Kencono eh Hafiz Doll yang kaya fitur ini dibanderol Rp. 1.090.000. Terdengar fantastis, tapi saya mencoba melihat dari sisi edukasinya. Setelah saya berikan ke Keenan, ternyata memang betul dia menyukainya. Pertama-tama memang dia cuma bisa memencet-mencet tombolnya. Setelah itu dia tertarik dengan kontennya. Dia paling suka mendengar lagu Alif Ba Ta Tsa yang saya unduh dari youtube sambil joget ala Keenan. Menjelang tidur saya juga putarkan murottal yang suaranya aduhai begitu indah.

Lagu-lagu yang tersedia di default Hafiz Doll juga sangat easy listening. Bagi anak-anak, lagu-lagunya renyah dan menggugah, tapi bisa membuat keki orang dewasa yang mendengarnya, yaitu orang dewasa yang sholatnya masih bolong-bolong dan bacaan Qurannya belum sempurna. Bukan apa-apa, lagu yang berjudul “Ayo Sholat 5 Waktu” mengajarkan anak untuk menunaikan sholat agar disayang Allah dan dikabulkan doanya dan lagu “Membaca Alquran” mengajak kita untuk belajr Al quran dan memahami maknanya. Bagi yang tidak terbiasa membaca Al Quran dalam keseharinnya mungkin akan merasa tersentil hehehehe..Kalau naratornya suaranya bersemangat sekali, tone-nya lebih tinggi dibanding vocal ibu-ibu dan anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu di dalamnya.

Paket Hafiz Doll datang bersama kardus, remote control, charger USB, buku manual, buku cerita, dan buku garansi. Untuk remote controlnya berguna jika kita ingin memutar lagu-lagu yang kita simpan dari komputer. Caranya dengan menekan tombol download, lanjutkan dengan tombol next atau previous untuk memilih lagunya.

Mungkin ada yang bertanya, kalau fitur-fitur yang saya sebutkan tadi sebenarnya sudah bisa difasilitasi dengan MP3 Player Radio yang harganya jauh lebih ekonomis atau bisa juga menggunakan HP.

Menurut saya justru inilah urgensi memiliki Hafiz Doll. Alasan sebenarnya mengapa kita membutuhkan media boneka adalah agar sang anak tidak kecanduan gadget di usia dininya. So, alih-alih menggunakan HP, saya memilih Hafiz Doll. Soal harga, memang kalau bisa sih lebih murah agar anak-anak di seluruh Indonesia pun bisa menjangkaunya. Atau bisa berharap kepada pemerintah untuk memberikan subsidi hehehe.. J

So far, saya suka dengan Hafiz Doll. Jika diminta saran pengembangan, maka ini yang akan saya usulkan untuk produsen Hafiz Doll:

  1. Figur boneka mengenakan tas punggung, agar semakin memotivasi anak untuk giat belajar/sekolah
  2. Navigasi menggunakan layar LED dan antarmuka aplikasi mobile, jadi tidak perlu remote lagi. Di bagian punggung yang bisa dibuka-tutup biar tidak begitu mencolok seperti gadget.

Mungkin itu yang bisa saya review dari Golek Kencono-nya Keenan. Bagi Bapak Bunda yang berminat bisa menghubungi saya di 085641081509. Pembelian bisa 3 cara:

  • Cash Keras
  • Cash Bertahap
  • Arisan

Mari Bapak Bunda! Lets Rock! Feel the experience of giving the children their best educative toy.

 

Internalisasi Nilai-Nilai Islam Kepada Anak Sejak Dini dengan Golek Kencono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *