Bagi yang ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat dan menghasilkan uang, bisa menjajal diri menjadi penerjemah di Flitto.

Flitto adalah sebuah platform terjemahan yang memanfaatkan sistem crowdsourcing dimana orang-orang di seluruh dunia yang bisa menguasai lebih dari satu bahasa bergabung dengan orang-orang yang membutuhkan terjemahan.

Flitto bisa didownload di Google Play di sini

atau di Apple Store di sini

Sebelumnya kamu harus mendaftarkan diri, seperti saat bikin akun di sosial media.

Terus nanti bakal diminta mau jadi translatorkah?

Bila iya, nanti bakal ditest. Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab/diterjemahkan sesuai bahasa yang kamu define di awal.

Kalo sukses jawab akan dapat initial poin sebesar 50p.

Kamu juga diberi kesempatan mengajukan 2 kali request terjemahan secara gratis. Selanjutnya untuk bisa request terjemahan, kamu kudu punya poin dan pastikan poin kamu cukup untuk membiayai terjemahannya.

Ohya kenapa disebut berkarir?

Bagi saya, bekerja di Flitto meskipun fleksibel, tetapi bila ditekuni akan benar-benar memberikan penghasilan yang lumayan untuk kita. Terutama klo dapat orderan yang 1 halaman. Selain itu kita harus berjuang untuk mendapatkan poin dan rating bintang, agar semakin diakui sebagai penerjemah. Karena sistemnya online dan crowdsourcing maka ini memberikan tantangan tersendiri, yang barangkali tantangan seperti ini tidak akan ditemui di bisnis translation offline. Persaingan antar translation lebih fair.

Kelebihan flitto adalah :

  1. Belajar Bahasa dengan cepat

Selain bisa dapat banyak kosakata baru, kita juga bisa compare hasil terjemahan kita dengan translator lain, dan ini merupakan salah satu tehnik paraphrasing yang instan dan mudah.

  1. Secara psikologis memberikan dampak adiktif (kencaduan) yang positif.

Setiap ada request masuk, langsung bersemangat untuk bantu terjemah. Saking semangatnya kadang suka bolak-balik nengokin notifikasi tuk ngecek ada request apa tidak ya?

Menurut saya ini hal positif, krn kita jadi termotivasi untuk belajar bahasa dengan cara yang menyenangkan.

  1. Menambah teman

Terutama teman yang mempunyai kemampuan bahasa asing yang baik. Bagi yang suka travelling ke berbagai negara, tentu sangat bermanfaat bila bisa menjalin pertemanan dengan orang yang pandai berbahasa asing.

  1. Mendapat penghasilan halal dengan cara fun

Poin yang diperoleh bisa diuangkan lho.. bisa juga untuk dibelanjain di flitto store, atau yang berjiwa filantropis, poin bisa langsung didonasikan kepada yang dikehendaki. Jangan lupa daftar Paypal jika belum punya akun di sana. Soalnya uangnya akan dibayarkan melalui Paypal.

Kekurangan Flitto yaitu :

untuk awal-awal berkarir di Flitto, mungkin kamu bakal ngerasa desperate karena:

  1. Kalah cepat mengirim terjemahan dari translator lain

Silahkan putar lagunya Sheila on 7 yang berjudul “Lapang Dada”. Insyaallah akan lebih woles menghadapinya. Bagi orang yang superkompetitif, hal kecil seperti ini sungguh menjengkelkan hehehehehe…

  1. Requestor tidak memilih hasil terjemahanmu.

Walaupun menurutmu jawabanmulah yang paling ideal. Yang ini rasanya seperti pas ditolak saat nembak gebetan. Coba bayangkan, kamu sudah dandan cakep, pake minyak wangi mahal, pakai tuxedo dan bawain coklat. Tiba-tiba cewek yang kamu taksir justru milih pria di sebelahmu yang dandanannya tak seberapa. Pokoknya kamu merasa kamu yang terbaik, tapi kenapa malah orang lain yang dipilih? Hhehehe..suka-suka requestornya lah mau pilih terjemahannya siapa. Jadi Flitto ini juga sebenarnya mengajarkan nilai-nilai luhur yang disebut “Lapang Dada” dan “Sabar”.

  1. Poin belum cukup untuk diuangkan

Sebabnya karena belum banyak request yang berhasil kamu terjemahkan (terjemahan yang dipilih oleh requestor)

  1. Emosi Jiwa
  • Kalau kamu lihat hasil terjemahan orang lain yang menurut kamu tidak layak baik dari segi tata bahasa atau pemilihan diksi, paling tidak kamu tersenyum atau kesal dibuatnya.
  • Jika requestor mengirim request kata-kata yang tidak pantas seperti makian atau berbau pornografi. Yah sebenarnya kan bisa kita anggurin aja request tersebut, tetapi tetap aja masih muncul di notifikasi.

Berkarir di Flitto ini cocok untuk mereka yang sedang mempersipakan diri mengambil ujian Sertifikasi Bahasa Asing. Sambil nunggu tanggal test. atau bagi mereka para commuter kereta yang kebagian tempat duduk. 🙂

Saya sih tidak merekomendasikan bagi para ODOJer  kecuali bisa membagi waktu dengan baik silahkan aja. Karena saya memahami ODOJer itu waktu luangnya akan lebih baik digunakan untuk membaca Al quran yang tentunya tidak kalah bermanfaatnya.

Jadi, sampai ketemu di Flitto ya.. 🙂

Jika teman-teman jadi requestor, boleh lah kalau mau pilih hasil terjemahan saya. 🙂

Berkarir di Flitto
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *