keenanKeenan adalah nama panggilan buah hati saya. Lengkapnya Muhammad Keenan Abdurrahman. Nama ini hasil konsolidasi sengit antara saya dan suami. Dulu waktu hamil usia 8 bulanan, saya sudah memikirkan nama Keenan, tinggal memilih nama depan dan belakangnya.

Pertimbangan dalam pemilihan nama anak tentunya kami mengacu kepada tuntunan Islam, di antaranya harus memiliki arti yang baik, bisa mengacu kepada nama Nabi, dan hanya menggunakan asma’ul husna disertai Abdul/Abdur sebagai prefixnya.

Kebetulan dua ponakan saya dari Kakak, anaknya diawali dengan kata Muhammad. Our Greatest Role Model. Jadi saya berpikir, alangkah indahnya jika cucu-cucu Bapak Ibu saya semuanya berawalan Muhammad, sungguh enak dipandang dan disebut. Siapa tau di kemudian hari mereka membentuk boyband nasyid group berjudul “Cinta Muhammad” hehehe. Terus setelah googling kesana kemari, kami juga figured out kalau nama terindah yang disukai Allah SWT adalah Abdurrahman. Hmm..ya sudah kami sematkan Muhammad di depan Keenan, dan Abdurrahman di belakang Keenan.

Terus Keenan sendiri artinya apa ya?

Keenan, dibaca Kinan, memiliki 2 makna yang indah.

Kinan mengacu kepada nabi Qinan, merupakan salah satu keturunan nabi Adam AS (cicit). Nabi yang orang tuanya Nabi pastinya adalah orang pilihan Allah yang sholih.

Keenan mengacu pada bahasa Irlandia kuno “Cianain” , berarti “The descendant of the faithful”

jika digabungkan intinya artinya adalah Keenan = anak sholih keturunan orang beriman. Di satu sisi nama Keenan selain mendoakan dirinya sendiri juga mendoakan kedua orang tuanya agar selalu bisa menjadi orang yang beriman dan taat kepada Tuhan. Aamiin.

Keenanku sayang, bunda masih ingat saat melahirkan engkau dengan Sectio Caesaria. Engkau begitu ganteng dan bersih. Engkau yang sedotan ASI nya seperti pompa sumur saking kuatnya.

Keenan mengajari bunda untuk menjadi wanita dewasa, yang lembut hatinya, yang peka nalurinya. Keenanku sayang adalah salah satu keajaiban yang Allah berikan kepada Bunda dan Bapak (panggilan untuk suami saya).

Semoga engkau menjadi anak yang sholih, bermanfaat bagi orang banyak. Aamiinn.

The Apple of My Eyes, Keenan
Tagged on:                                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *